Berikut ini saya
akan merangkum tugas Pengantar Web Science dari tugas pertama hingga terakhir.
Materi yang akan
dirangkum adalah sebagai berikut :
- Sejarah, Pengertian dan Metodologi Web Science
- Arsitektur Web Science
- Tugas 2 Pengantar Web Science - Kelebihan dan Kekurangan Web Science(webofknowlegde.com)
- Tugas 2 Pengantar Web Science - Etika, konten dan meta data
- Tugas 3.1 Pengantar Web Science - Aplikasi Web Berbasis Mobile
- Tugas 3.2 Pengantar Web Science - Pembelajaran Berbasis Komunitas pada Web
- Tugas 3.3 Pengantar Web Science - Pembelajaran Forum pada V-Class
Pengertian Web
Science
Web science
adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web. Web adalah kumpulan
halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara
maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang
dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link.
Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi
masyarakat untuk memberi informasi yang akurat. pada awalnya sebuah usaha
bersama antara MIT dan universitas southtamton yang menghubungkan aspek sosial
dengan aspek teknik di dalam WWW (world wide web).
Sejarah Singkat
tentang Web :
Di awal tahun
1980 telah dikenal sebuah teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam
bidang website. Pada tahun itu sangat membantu dalam komunikasi antar manusia di
dunia karena dalam website tersebut user bisa melihat informasi yang
ditampilkan oleh pemilik website. Informasi yang berupa tulisan dapat diakses
dari seluruh dunia.
Website yang kita kenal sekarang ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. Beliau bekerja di European Laboratory for Particle Physics (CERN). Sekitar bulan Maret 1989, “Tim” mengusulkan suatu protokol sistem distribusi di internet untuk pertukaran informasi di internet. Akhirnya situs web pertama diluncurkan pertama kali pada tanggal 6 Agustus 1991 dengan situs http://info.cern.ch/
Website yang kita kenal sekarang ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. Beliau bekerja di European Laboratory for Particle Physics (CERN). Sekitar bulan Maret 1989, “Tim” mengusulkan suatu protokol sistem distribusi di internet untuk pertukaran informasi di internet. Akhirnya situs web pertama diluncurkan pertama kali pada tanggal 6 Agustus 1991 dengan situs http://info.cern.ch/
Metodologi Web
Science
Web Science
merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu,
maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana
peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan
relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat
dilakukan.Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan
pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web
dengan sampling sebagai kunci utamanya Leung, 2001. Sebagai contoh laporan
riset Fetterly, 2004 menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman melakukan
perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang
mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi
probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan
yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
Arsitektur
Web
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain
dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis,
kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya
adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian
khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi
dan desain arsitektur web.
UDDI (Universal
Description Discovery and Integration ) Adalah semacam direktori global untuk
mengelola web services. Fungsinya mirip dengan Yellow Pages untuk versi web
services. UDDI berisi informasi tentang penawaran atau layanan apa yang
ditawarkan perusahaan berikut dengan detil teknis bagaimana cara mengaksesnya.
Inforamsi tersebut ditulis dalam bentuk file-file WSDL.
Bagian dari Arsitektur Website :
Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
HTTP adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang
digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan
hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling
terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian
membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim
Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni
HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1
yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan
demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu
untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.Pengembangan standar HTTP telah
dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) dan
juga Internet Engineering Task Force (IETF), yang berujung pada publikasi
beberapa dokumen Request for Comments (RFC), dan yang paling banyak dirujuk
adalah RFC 2616 (yang dipublikasikan pada bulan Juni 1999), yang mendefinisikan
HTTP/1.1.
WWW (World Wide Web)
WWW (World Wide Web) merupakan kumpulan web server dari
seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan
bersama.WWW atau biasa disebut web adalah bagian yang paling menarik dari
Internet. Melalui web, dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya
berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi. Fasilitas
ini tergolong masih baru dibandingkan surel (email), sebenarnya WWW merupakan
kumpulan dokumen-dokumen yang sangat banyak yang berada pada komputer server
(web server), di mana server-server ini tersebar di lima benua termasuk
Indonesia, dan terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet.
Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML
(Hypertext Markup Language). Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas
teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain.
Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut hypertext. Dokumen infomasi ini
tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara
bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut
hypermedia. Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen
multimedia yang saling terkoneksi menggunakan hyperteks link. Dengan mengklik
hyperlink, maka bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.
URL( universal resource locator)
URL( universal
resource locator) merupakan suatu konsep penamaan lokasi standar dari suatu
file,direktori,computer, dan lokasi komputernya sesuai dengan metode yang
digunakan. URL tidak hanya dapat menunjuk ke suatu file tapi dapat juga
menunjuk suatu query, dokumen dalam suatu database atau hasil dari perintah
finger atau perintah archie . secara umum dapat digambarkan penulisan url :
metode://nama_file[:nomor_port]. Jenis metode yang digunakan pada url adalah
file, http, news, gopher, telnet.
Kelebihan dan
Kekurangan Website webofknowledge.com
Mungkin sebagian
dari kita tidak tahu apa itu Webofknowledge.com, Webofknowledge.com merupakan
web yang berisikan pengetahuan dari peneliti atau ilmuan yang di publikasikan
pada internet atau web, hampir sama halnya dengan wikipedia, namun untuk
mengakses web yang satu ini dibutuhkan sebuah ID untuk menjadi user.
"WEB adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses diseluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet" "Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain" .
Registrasi yang cukup singkat dibilang, memudahkan semua orang untuk melakukan registrasi menjadi user pada Webofknwledge.com.
"WEB adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses diseluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet" "Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain" .
Registrasi yang cukup singkat dibilang, memudahkan semua orang untuk melakukan registrasi menjadi user pada Webofknwledge.com.
1.DEFINISI
Webofknowledge.com merupakan suatu situs web yang menghimpun berbagai keterangan atau uraian yang memperbolehkan user untuk menggambil informasi atau menambahkan informasi yang ada pada web itu sendiri, Webofknowledge.com juga bisa digolongkan sebagai salah satu mesin pencari atau search engine yang dibilang hebat karena mampu menampilkan teks dan gambar karena informasi yang ada pada Webofknowledge terdiri atas 7000+ lembaga akademik dan penelitian, pemerintah nasional ,pendanaan organisasi serta organisasi penerbitan di lebih 100 negara.
2.SEJARAH
The Thomson Corporation
Perusahaan ini didirikan oleh Roy Thomson pada tahun 1934 di Ontario sebagai penerbit The Timmins Harian Press. Pada tahun 1953 Thomson diperoleh koran Skotlandia dan
pindah ke Skotlandia pada tahun berikutnya. Dia mengkonsolidasikan posisinya medianya di Skotlandia pada tahun 1957 ketika dia memenangkan waralaba untuk Skotlandia Televisi.
Pada tahun 1959 ia membeli Kemsley Group, pembelian yang akhirnya memberinya kontrol dari Sunday Times. Dia secara terpisah diperoleh Times pada tahun 1967. Dia pindah ke bisnis penerbangan pada tahun 1965 , ketika ia mengakuisisi Britannia Airways dan menjadi eksplorasi minyak dan gas pada tahun 1971 ketika ia berpartisipasi dalam konsorsium untuk mengeksploitasi cadangan di Laut Utara . Pada 1970-an , setelah kematian Tuhan Thomson , perusahaan menarik diri dari surat kabar nasional dan media penyiaran , menjual Times , Sunday Times dan Skotlandia Televisi dan bukannya pindah ke penerbitan, membeli Sweet & Maxwell pada tahun 1988.
Perusahaan saat ini dikenal sebagai International Thomson Organisasi Ltd
3.TUJUAN DAN
MANFAAT
Webofknowledge.com bermanfaat bagi user untuk mencari
informasi di dalam sebuah terpisah lebih mudah dalam web yang dirancang khusus
untuk mempermudah serta mempercepat pencarian / researching dengan hasil yang
disajikan lebih terlihat jelas dan detail karena informasi yang didapat
langsung dari peneliti.
Webofknowledge sendiri memberikan kenyamanan user untuk mendapatkan cakupan yang tak tertandingi dari konten regional dan subjek khusus, yang disampaikan melalui platform penemuan terbesar Semua database penelitian dan indeks di Web of Science .
Webofknowledge sendiri memberikan kenyamanan user untuk mendapatkan cakupan yang tak tertandingi dari konten regional dan subjek khusus, yang disampaikan melalui platform penemuan terbesar Semua database penelitian dan indeks di Web of Science .
4.KELEBIHAN DAN
KEKURANGAN
·
Web of Science
menggunakan navigasi global, untuk memberikan hasil pencarian yang paling
relevan dan lengkap alat analisis yang tertanam membantu Anda lebih
menyempurnakan hasil penelitian user, membuat penemuan-penemuan baru dan
koneksi di seluruh ilmu dan daerah, dan memahami dampak diseluruh dunia
dari sumber.
- Mengidentifikasi user atas , lembaga , dan penerbit di bidang tertentu atau dibidang yang user teliti.
- Temukan artikel yang tepat serta Melacak kutipan mundur atau maju dalam waktu untuk melihat pengaruh sebelum dan perkembangan kemudian
5.KESIMPULAN .
Webofknowledge.com menggunakan suatu system dalam melakukan
penambahan-penambahan informasi yang ia dapatc memberikan kenyamanan user untuk
mendapatkan cakupan yang tak tertandingi dari konten regional dan subjek
khusus, yang disampaikan melalui platform penemuan terbesar Semua database dari
lembaga akademik dan penelitian, pemerintah nasional ,pendanaan organisasi
serta organisasi penerbitan di lebih 100 negara. menggunakan navigasi
global, untuk memberikan hasil pencarian yang paling relevan dan lengkap alat
analisis, Melacak perkembangan memperkirakan kesimpulan untuk pengaruh sebelum
dan sesudah perkembangan dari penelitian tersebut di kemudian hari.
Tugas 2 Pengantar
Web Science - Etika, konten dan meta data
Kalo kita cari
tau tentang ETIKA , ETIKA biasanya dicontohkan sama kelakuan baik atau buruknya
seseorang bukan?
yah sama halnya dengan ETIKA di internet, kita perlu izin dan hak untuk menggunakan konten tertentu sebelum kita pakai, jika tidak kita sendiri terkena hukum.
yah sama halnya dengan ETIKA di internet, kita perlu izin dan hak untuk menggunakan konten tertentu sebelum kita pakai, jika tidak kita sendiri terkena hukum.
1. Etika Dalam Pembuatan Web Science
Dalam
Pembuatan web science, hampir keseluruhanya memiliki izin dan hak seperti di
artikel sebelumnya di Webofknowledge.com kita tidak sembarangan mengambil
penelitian orang lain, semua yang diteliti dan dibukukan memiliki HAK ATAS
INTELEKTUAL atau dalam bahasa internasional copyright.
- Dilarang Mengambil informasi atau sesuatu yang memiliki hak cipta/copyright tanpa izin.
- Dilarang Menggunakan Kata yang tidak senonoh.
- Dilarang Menggunakan kata - kata2 yang menyinggung pihak lain atas penelitiannya / informasinya.
- Selalu memberikan Referensi atas informasi yang didapat.
2. Konten
Dalam Pembuatan Web Science
Dalam pembuatan web science setiap kata yang kita rangkum, setiap informasi yang kita buat, setiap penelitian yang kita sempurnakan memiliki bagian - bagian tersendiri untuk di jelaskan, dan setiap penulisan yang kita ciptakan dimaksudkan untuk orang lain mengerti lebih mudah.
- Memiliki kategori dari informai yang dirangkum menjadi bagian - bagian yang lebih terorganisir agar pembaca lebih mudah mengerti, mungkin ditambahkan bagian daftar isi serta lampiran.
- Setiap informasi dan setiap referensi yang kita ambil harus memiliki kebenaran.
- informasi tentang sumber yang kita dapat
- Penulisan yang kita buat harus mudah dimengerti dan dipahami oleh para pembaca
3. Meta Data pada
Web Science
Meta data itu sendiri merupakan informasi terstruktur yang menjelaskan, mendeskripsikan.
Dalam web semantik metadata dapat digambarkan sebagai metode sistematik mendeskripsikan sumber daya dan mekanisme pengaksesannya. Contoh metadata sederhana adalah dalam tabel pada database relasional, terdapat properti misalnya length dan nullable yang mendeskripsikan suatu field. Kedua properti ini dapat disebut sebagai metadata. Namun dalam semantic web, metadata yg diterapkan biasanya sudah distandarisasi.
Pengantar Web
Science - Aplikasi Web Berbasis Mobile
|
Twitter adalah layanan jejaring sosial yang memungkinkan
penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter,
yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret
2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan
Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs
yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan
singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa
membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis kicauan melalui
antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk
perangkat seluler.
Perbedaan
Aplikasi Mobile dengan Aplikasi Web Desktop
1.Fitur Aplikasi
Mobile dan Aplikasi Web Desktop
Hal pertama yang
harus diperhatikan adalah bahwa aplikasi mobile bukanlah aplikasi web.
Perbedaannya adalah pada kedua sifat fitur dan jumlah fitur yang disediakan.
Aplikasi mobile mempunyai beberapa fitur baru. Aplikasi mobile akan terlihat
sangat berbeda dari aplikasi web. Pertama, dilihat dari ukuran layar pada
smartphone pasti tidak sama dengan ukuran layar desktop. Pada aplikasi web di
mana layar lebih besar, dan memiliki lebih banyak ruang untuk menu, toolbar,
dan widget.
Pengguna
smartphone dan pengguna web memiliki niat yang berbeda. Pengguna smartphone
ingin menggunakan aplikasi di mana saja, mendapatkan produktivitas maksimum
dengan tenaga sedikit, sedangkan pengguna web mungkin akan menghabiskan lebih
banyak waktu dengan menggunakan aplikasi web.
Pada perbedaan
tersebut, fitur yang paling produktif (atau paling sering digunakan) disorot
adalah pada smartphone. Aplikasi mobile menyediakan semua fitur atau bagian
fitur darinya. Bebrapa bagian fitur dari aplikasi mobile akan menjadi
keunggulan dari aplikasi web.
2.Interaksi User
Cara pengguna
berinteraksi dengan aplikasi mobile dan aplikasi web tradisional sangatlah
berbeda. Dengan kemampuan layar sentuh untuk berinteraksi bagi pengguna
smartphone yang berbasis accelerometer maupun kompas, sebuah aplikasi mobile
memang dibangun secara berbeda. Contohnya adalah aplikasi game mobil (car
game), di mana mobil bermanuver dengan memiringkan ponsel ke kiri atau ke
kanan. Hal ini didasarkan pada fitur accelerometer sebuah smartphone.
Contoh lainnya
adalah aplikasi peta yang selalu menunjuk ke arah utara setiap kali pengguna
merubah arah telepon genggamnya. Hal ini didasarkan pada fitur kompas.
3.Location
Awareness
Pemetaan lokasi
adalah sesuatu yang baru untuk smartphone. Google Maps, Local Search,
Foursquare, dan banyak aplikasi mobile lainnya memanfaatkan GPS yang telah
disematkan ke dalam smartphone. Aplikasi web yang menggunakan pemetaan lokasi
juga, namun hanya dibatasi dari pengkodean negara dan tidak secara detail.
4.Push
Notification
Pengguna aplikasi
banyak yang menginginkan pemberitahuan peristiwa atau info penting seperti
e-mail dan pesan masuk. Dan smartphone adalah platform terbaik untuk
pemberitahuan, karena smartphone dekat dengan pengguna hampir sepanjang waktu.
Selain
pemberitahuan seperti e-mail atau pesan masuk, layanan apa pun juga dapat
dikirimkan sebagai pemberitahuan kepada pengguna smartphone.
KOMUNIKASI
PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNITAS PADA WEB
Salah satu
pembelajaran berbasis komunitas pada web adalah www.kaskus.co.id.Kaskus
adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan
penggunanya disebut dengan Kaskuser.Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999
oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi
Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat.
Bukan hanya sebagai forum jual beli dan forum diskusi biasa kaskus juga menyediakan forum edukasi.
Bukan hanya sebagai forum jual beli dan forum diskusi biasa kaskus juga menyediakan forum edukasi.
Kaskus memiliki 3
forum edukasi yaitu Civitas Academica,Sejarah & Xenology dan Sains
& Teknologi
Civitas Academica membahas tentang tempat kumpul alumni dan siswa dari beragam almamater. Saling berbagi info lowongan kerja, acara reuni, dan kondisi terbaru sekolah atau universitas.
Sejarah & Xenology membahas tentang Tempat membahas sejarah/biografi tokoh dalam dan luar negeri. Juga diskusi tentang xenology (ilmu yang membahas misteri-misteri dunia).
Sains & Teknologi membahas tentang tempat diskusi mendalam dan berbagi pengetahuan sains dan teknologi.
Civitas Academica membahas tentang tempat kumpul alumni dan siswa dari beragam almamater. Saling berbagi info lowongan kerja, acara reuni, dan kondisi terbaru sekolah atau universitas.
Sejarah & Xenology membahas tentang Tempat membahas sejarah/biografi tokoh dalam dan luar negeri. Juga diskusi tentang xenology (ilmu yang membahas misteri-misteri dunia).
Sains & Teknologi membahas tentang tempat diskusi mendalam dan berbagi pengetahuan sains dan teknologi.
Virtual-Class
Virtual class
Universitas Gunadarma atau disebut juga V-Class, merupakan fasilitas
pembelajaran online yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar
secara online oleh dosen kepada mahasiswa. V-class juga termasuk contoh dari
e-learning. E-learning merupakan pembelajaran bebasis web seperti bahasan di
tugas sebelumnya.
Kelebihan
V-Class :
- Mahasiswa dituntut mandiri.
- Sangat efisien(dari segi jarak dan waktu).
- Diberi tegang waktu yang cukup lama ntuk menyelesaikan tugas.
- Dapat memperoleh materi hanya dengan mendownload tanpa harus bertemu langsung dengan dosen.
- Disini juga ada seksi tanya jawab dengan dosen dan juga soal test yang harus dijawab untuk menambah nilai mahasiswa.
- V class memiliki forum tanya jawab dengan dosen.
Kekurangan
V-Class:
- Tidak ada interaksi yang baik antara mahasiswa dan dosen
- Menghambat dalam proses Pembelajaran
- Mahasiswa lebih cenderung pasif
No comments:
Post a Comment